Selasa, 08 November 2016

[ Review ] Great Guest House at Hongdae - Mapo gu Seoul ~ Day 2

Setelah dari Incheon kami langsung menuju Guesthouse yang sudah kami pesan melalui AirBnb. Ini pengalaman pertama saya memesan guesthouse via airbnb, karena selama bepergian biasa kami memesan hotel via aplikasi seperti agoda dan traveloka, atau apartement melalui pesan ke pemilik apartemen langsung. Bagi yang belum tahu , sekedar info , guesthouse adalah tempat akomodasi atau menginap yang biasa dikelola oleh pemiliknya langsung tanpa staf seperti hotel ataupun hostel.  

Sewaktu saya memesan guesthouse via airbnb awalnya agak bingung karena pilihan banyak sekali,  karena di daerah hongdae Mapo-gu adalah daerah anak muda dan masih langka hotel jadi banyak pemilik yang menawarkan apartement dan rumahnya untuk penginapan. 


Memang waktu memesan guesthouse ini saya rada mepet karena menunggu visa approve dulu hehe maklum kebanyakan baca dan dengar dari pengalaman teman kalau visa Korsel susah karena banyak penyusup dari Indo yang kerja disana. Dan pada tanggal-tanggal yang saya pesan termasuk tanggal padat karena sudah masuk puncak musim gugur, jadi banyak wisatawan juga yang datang ke Seoul.

Syukur secara gak sengaja saya 'nyasar' di guesthouse ini , saya baca-baca deskripsinya sangat jelas, foto-foto lengkap, fasilitas sesuai yang saya butuhkan, lokasi dekat dengan stasiun subway dan review dari para traveler  sebelumnya juga menyatakan puas. Jadi saya langsung sreg dan kemudian saya cek availability kemudian kirim message host nya dan pas tanggal kedatangan saya guesthousenya tersedia. Jadi saya langsung bayar via cc . Pemiliknya punya 2 kamar apartement di lokasi yang sama, dan saya pilih house#2 , linknya di bawah ini. 

harga biasa belum termasuk ongkos kebersihan dan berubah sewaktu-waktu

Link sewaktu saya pesan , tapi sekarang link ini sudah tidak aktif kemungkinan guesthousenya sudah tidak disewakan lagi
House #1 : https://www.airbnb.com/rooms/13165198
House #2 : https://www.airbnb.com/rooms/14985620

Hari H kami datang sesampainya di bandara saya kontak Eunjung ( nama pemiliknya ) untuk menginfokan kalau kami sudah akan menuju ke guesthousenya via AREX ( kereta yang dari Incheon menuju Hongik University ) . Sekitar 45 menit kami sampai di stasiun subway Hongik , di pintu exit 3 langsung ada seorang engkoh-engkoh yang memanggil "Indri ?" dan membawa profile foto dari airbnb ( ada foto saya beserta suami dan anak ) , ternyata itu adalah suami dari Eunjung yang menjemput kami untuk menunjukkan lokasi kami menginap.

 
Ini peta area Hongdae , gedung guesthousenya saya beri lingkaran merah


Kamar dengan double bed dan 1 single bed


TV , jemuran pakaian, mesin kopi , snack

Kompor , washbak, lemari es besar ( di belakang mesin kopi )

Memang benar dan sesuai dengan deskripsi di Airbnb , lokasinya langsung connect ke subway jadi tidak takut kena hujan atau panas . Kami naik lift, dan diajari cara membuka pintu dan password, disana semua serba automatic dan menggunakan kartu. 

Sampai di dalam kamar , Eunjung sudah menyambut kami kelihatannya dia habis berberes-beres, kemudian suami Eunjung menjelaskan cara pemakaian fasilitasnya , dan dia sudah siapkan petunjuk-petunjuk dalam bahasa Inggris ( maklum disana semua remote dan alat bertuliskan hangeul hehe... ) mulai dari remote AC, remote TV, microwave, pemanas air, gas untuk memasak hingga pemanas lantai dia jelaskan semua caranya dan untuk ukuran orang Korsel bahasa Inggrisnya bagus jadi bagi kita yang gak bisa ngomong korea gak perlu kuatir :D . 

Selain fasilitas yang sudah dia tulis di airbnb , Eunjung juga siapkan snack-snack cemilan dan teh-teh rasa unik yang ditaruh dalam wadah yang lucu, dekornya juga disesuaikan karena tahu kalau ada anak kecilnya jadi waktu pertama Karen masuk kamarnya dia langsung seneng banget . Tempatnya juga bersih banget dan terawat.  Alatnya komplit banget seperti gunting , pisau, gunting kuku, peralatan makan dan mandi semuanya tersedia. 


Handuk, toaster, pemanasa air, microwave

Penampakan kamar mandinya, di belakang cermin tersedia sisir, hairdryer dst


Seperti penjelasannya juga di sekitar guesthouse ini memang gak ada matinya , turun bawah ada minimarket, moneychanger, cafe dan food street bertebaran hehe... maklum hongdae memang daerah anak muda. 


Mall Uniqlo  dan Lotte cinema, di seberang guesthouse

Walaupun hanya menginap 2 malam disini kami sangat puas ( karena hari berikutnya kami bergabung sama group pindah hostel sebelah guesthouse :D , namanaya Nabi Hostel yang gak kalah seru juga ).


Di Airbnb tidak cuman tamu yang bisa menulis review, ternyata pemilik juga bisa menulis review tentang tamu yang menginap.  Ini yang ditulis sama Eunjung , geli juga kalau baca :D




Sekian review guesthousenya , guesthouse ini hanya salah satu guesthouse yang recommended di area Hongdae, karena banyak juga guesthouse di area ini yang gak kalah menarik dan bagus juga.

1 komentar:

  1. Halo ini namanya apa ya guesthousenya? kalo aku buka di airbnb ke linknya bukan ke tempat ini tapi ke semuanya. Thanks

    BalasHapus