Rabu, 30 Maret 2011

Teladan bermula dari Keluarga

Pernah ada lagu dari Lee Hom "Gai Bian Shi Jie, Gai Bian Zi Ji" intinya kalau ingin mengubah dunia harus mengubah diri sendiri. Seperti lagu tersebut , kita sering nuntut suami harus berubah, baik dan sayang pada kita, anak-anak harus hormat dan nurut sama kita, dan seterusnya, tapi sebaliknya kita tidak bisa menyayangi dan hormat pada suami dan anak-anak. Teladan memang bukan untuk sekedar diomongkan melulu , tapi apakah kita juga melakukan apa yang kita omongkan. Misalnya : Ada seorang ayah menyuruh putra nya berhenti merokok, tapi dia sendiri merokok tiada henti.

Nah ..demikian jugalah hal nya Kasih. Kasih juga merupakan teladan, tanpa perbuatan nyata , kasih hanyalah teori bukan kasih yang sesungguhnya.
Saya belajar banyak dari suami saya yang suka memberi. Tiap kemana aja, selalu pulang membawa oleh-oleh, biarpun hanya berupa makanan kecil. Tiap keluar kota , dia selalu pikirkan mama dan saudara nya yang di Kudus, dan tidak lupa membawa oleh-oleh. Tidak hanya itu, terhadap para karyawan ( termasuk driver dan penjaga toko ) , dia selalu ingat untuk memberi mereka ( biarpun hanya snack ).

Dan kemarin saya belajar banyak, saat hubby cerita kalau ada Mbak Yem ( ini bibi yang bantuin keluarga suami sudah 25 th ) memberikan sepeda nya kepada tetangganya, Mbak Darsih ( Mbak Darsih baru bekerja 1 bulan di tempat kakak hubby ). Saat Mbak Darsih bilang butuh sepeda, Mbak Yem langsung berikan sepeda nya yang bagus , hanya roda nya yang perlu diganti kepada Mbak Darsih. Dia bilang juga "Bos ku biyen ngasih aku sepeda, dadi yo sepedaku kuwi gowo kowe wae" (= Bos ku dulu memberi aku sepeda, jadi sepedaku yang ini bawa kamu saja ) . Padahal kalau dilihat kondisi Mbak Yem juga bukan orang yang hidup berlebihan, tapi dia bisa belajar memberi.

Teladan Kasih itu tidak berhenti di satu titik saja, namun itu akan selalu menular kepada orang lain dan akhirnya berdampak pada dunia. Kalau di lingkup kecil saja ( keluarga ) kita gak bisa beri Teladan Kasih bagaimana kita bisa mengasihi orang lain ?

Selamat praktek Teladan Kasih ^,^
Tuhan berkati


Tidak ada komentar:

Posting Komentar